Usaha Makanan Catering Kekinian dengan Modal Kecil

 Usaha Makanan Catering Kekinian dengan Modal Kecil

Kalian baru memulai usaha Katering? Ingin memulai usaha catering rumahan dengan modal kecil? Nahh kalian bisa menyimak beberapa tips penting berikut.
Catering kini menjadi usaha yang banyak digemari oleh banyak pengusaha. Karena selain keuntungan yang didapat cukup banyak, usaha ini juga bisa menjadi landasan usaha bagi orang-orang yang gemar memasak. Dalam memulai suatu usaha kita juga akan menghadapi berbagai  resiko, tak jarang juga apabila kalian salah dalam mengambil Langkah awal makan bisa menyebabkan usaha cepat gulung tikar.
Tapi kalian tidak perlu khawatir karna saya sudah merangkum beberapa tips menarik yang bisa kalian ikuti, berikut beberapa tips memulai usaha catering kekinian dengan modal kecil.

1. Lakukan Riset Pasar

Apapun usahanya sebelum memulai sesuatu alangkah baiknya kita melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha yang kita jalani bisa bersaing dan mendapatkan banyak pelanggan. Dalam melakukan riset wajib bagi kalian untuk mencari tahu tentang produk apa yang akan kalian pasarkan dan juga apa yang sedang banyak diminati oleh orang banyak.

2. Menentukan Jenis Catering

Tak kalah penting juga, jika kita ingin memulai sesuatu harus menentukan jenis catering apa yang ingin dipasarkan. Dikarenakan banyak usaha catering diluar sana, maka kita harus fokus pada satu jenis usaha catering apa yang ingin kita jalankan misalkan Catering Pesta, Catering Rumahan, Catering kantoran/perusahaan, dan juga Catering Sekolah.
Kalian wajib memilih salah satu dan kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan.

3. Menentukan Nama Brand Kalian

Salah satu cara ini adalah cara yang paling penting untuk membuat catering kalian bisa dikenal oleh banyak orang, untuk itu kalian harus membuat nama brand yang sangat melambangkan nama usaha kalian. Selain nama brand kalian juga harus menambahkan suatu logo. Tidak lengkap rasanya jika suatu brand tanpa logo karena jika dengan logo maka usaha kalian akan terlihat lebih professional.

4. Mencari Supplier yang Murah Tapi Berkualitas

Agar modal usaha kalian tetap aman dan pengeluaran tidak terlalu banyak yang pertama harus kalian lakukan adalah menacari supplier yang bisa dipercaya dengan selalu memperhatikan harga dan selalu melakukan perbandingan. Harga bahan baku untuk makanan di toko mungkin tidak jauh berbeda satu sama dengan lainnya, biasanya perbedaan kecil dari setiap toko akan menekan modal anda menjadi lebih sedikit. Carilah supplier atau beli langsung ke pusat tempat yang menjual bahan baku makanan, jangan membeli di pasar ataupun warung. Jika kalian berhasil menemukannya maka kalian akan mendapatkan harga yang lebih baik.

5. Menyiapkan Modal Usaha

Jika persiapan diatas sudah selesai maka kini kalian patut untuk mempersiapkan modal usaha, modal usaha ini mesti mengikuti jenis bisnis apa yang kita pilih. Jangan takut jika mengeluarkan modal banyak karena semakin banyak modal yang dikeluarkan maka semakin banyak juga keuntungan yang didapat.
Perlu diingat juga untuk menyesuaikan modal dan kemampuan anda, dan jangan terlalu memaksakan modal agar pengeluaran tidak terlalu besar.


6. Memperhatikan Rasa Makanan

Jika ingin suatu usaha catering ingin maju maka hal utama yang dibutuhkan adalah mengumpulkan klien dan membuat mereka menjadi langganan kalian, tidak hanya bisa menambah omset hal ini juga bisa menambah koneksi bisnis menjadi semakin luas.
Maka dari itu masakan yang disajikan mesti dengan kualitas rasa yang enak dan juga bergizi sesuai denga apa yang ditawarkan. Makanan yang disajikan juga mesti memiliki cita rasa khas, biasa bisa ditambahkan dengan bumbu rahasia atau resep keluarga.

7. Melakukan Promosi

Tips satu ini tidak kalah penting karena tanpa promosi maka tidak akan bisa ada orang yang tau akan produkmu, Untuk pertama kalian harus melakukan promosi sesuai target pasar yang sudah direncanakan.
Dijaman yang sudah canggih ini melakukan promosi bukanlah hal yang sulit, kalian bisa langsung memasarkan produk kalian di website, media sosial, ataupun iklan digital.

8. Memberikan Pelayananan Yang Optimal

Dalam usaha Catering kita mesti memberikan pelayanan yang terbaik, jika pelanggan mendapatkan pelayanan yang memuaskan maka usaha kalian akan mudah untuk naik, pastikan kalian memberikan yang optimal kepada semua pelanggan. Pelayanan yang buruk biasanya akan sulit untuk naik dan juga disukai orang. Apa gunanya makanan enak apabila pelayanannya buruk.

9. Pembukuan

Apabila bisnis kalian berjalan dengan lancar maka ada baiknya melakukan pembukuan. Hal ini sangat penting karena kalian akan mengetahui untung rugi nya usaha kalian sendiri. Setiap transaksi harus dicatat dengan baik agar memudahkan kalian.
Biasanya orang yang mengabaikan pembukuan ini hasil dari pencatatan keuangan tidak akan tercatat yang akan menyebabkan usaha itu akan hancur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.